Senin, 12 Oktober 2009

Taman Balkon; Asri Berkat Taman Sayur
 
 
Tidak ada yang memungkiri kalau memilih tinggal di apartemen sangat menguntungkan dan praktis. Dekat dengan lokasi kerja, seluruh fasilitas disediakan pihak pengelola apartemen, mulai dari keamanan hingga laundry.
Namun ada hal yang mungkin hilang tanpa anda sadari. Jika anda hobi berkebun, kesenangan yang satu ini tak akan bisa anda lakukan dengan areal yang terbatas di apartemen anda. Tinggal di apartemen memang tidak akan memungkinkan anda memiliki sebuah taman yang luas, apalagi sebuah kebun.
Tapi anda tak perlu khawatir, karena dengan sedikit kreasi, anda bisa menyulap balkon apartemen anda menjadi sebuah taman sayur yang asri. Sangat mudah membuatnya, karena anda hanya perlu menyediakan wadah ataupun pot tanaman untuk tempat bertanam. Selain itu dengan menggunakan pot, anda akan mudah menatanya, tinggal memindahkan pot-pot tersebut sesuai dengan keinginan anda. Tak hanya itu, anda akan menghemat air, karena dengan sistem pot ini, air yang digunakan akan jauh lebih efisien dibandingkan jika menanamnya langsung ke dalam tanah.
Beberapa petunjuk berikut bisa anda gunakan sebagai panduan jika ingin membuat taman sayur di balkon. Anda bisa membuat sebuah taman unik sesuai dengan tanaman favorit anda.
1. Pilihlah jenis tanaman yang memerlukan perawatan yang mudah seperti tomat, timun, lada, lettuce, buncis atau bayam. Gunakan sedikit kreatifitas anda, maka tanaman ini dapat di tanam di pot dan disusun untuk menghiasi balkon apartemen anda.
2. Perhitungkan ukuran wadah tanaman, karena besar kecilnya wadah tanaman tergantung dari jenis tanaman yang akan ditanam. Misalnya tomat membutuhkan wadah yang berukuran 18 inci, sementara lada cocok dengan pot berukuran kecil.
3. Untuk melancarkan sistem pengairan di dalam pot, sebelum ditaburi media tanam, lebih dulu berikan batu kecil-kecil atau kerikil di dasar pot.
4. Sebagai penyubur tanah, campurkan kompos pada media tanam, karena tanaman juga memerlukan nutrisi untuk tumbuh kembang.
5. Sebagaimana halnya tanaman, anda tetap harus melakukan penyiraman setiap hari dan letakkan tanaman di tempat yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya tomat membutuhkan tempat yang selalu terkena paparan sinar matahari, sedangkan bayam dan lettuce lebih baik diletakkan di tempat yang sedikit teduh. Pastikan tanaman di balkon anda memperoleh sinari matahari langsung minimal 6 jam dalam sehari.
6. Gunakan tralis dan pagar balkon sebagai tempat merambat dan penopang tanaman anda, seperti tomat, timun atau buncis. Tak hanya meneduhkan, tanaman sayur anda akan makin terlihat cantik menghias balkon apartemen anda.
Dengan sedikit kreatifitas, imajinasi dan waktu yang anda punya, maka anda bisa merubah balkon apartemen anda menjadi tempat yang teduh, nyaman dan menyegarkan. So, anda bisa melakukannya sesegera mungkin kan?  (ee/ net)

0 komentar:

Poskan Komentar