Minggu, 11 Oktober 2009

Hidroponik Kit Praktis

Lahan sempit bukan jadi halangan bagi Anda yang hobi berkebun. Bukan hanya tanaman hias, Anda pun bisa menanam macam-macam sayuran. Solusinya, lewat hidroponik kit. Jangan buang botol bekas air mineral!
Ya, kemasan air mineral, mulai dari kemasan kecil sampai besar, bisa dimanfaatkan untuk membuat Hidroponik Kit (HK).
Apa, sih, HK itu? Menilik dari namanya, HK adalah tempat untuk menanam sayuran atau bunga secara hidroponik dalam bentuk rak-rak. Sebenarnya tak hanya rak, bisa juga dalam bentuk akuarium, pergola, sampai garasi. “Mulai dari yang statis seperti nampan, kita sudah bisa menanam sayuran,” papar Sudibyo Karsono dari Parung Farm, yang mengembangkan teknologi ini.
Penggunaan hidroponik kit amat pas bagi Anda yang tak memiliki halaman luas tapi ingin menanam bunga atau sayuran. Bahkan, tanpa perlu memberi pupuk atau repot menyiram, karena secara otomatis sudah dilakukan dengan sistem pengairan pasang surut. Dalam satu rak terdiri dari 3 tingkat, bisa ditanam sekitar 10-15 sayuran. Malah dalam satu rak bisa ada 3 jenis sayuran, misal kangkung, selada, dan pakcoy. Bisa juga lebih banyak atau sedikit dari itu. “HK ini sangat menyenangkan bagi yang hobi menanam. Sebenarnya, kan, hidroponik itu cara menyiram tanaman. Caranya saja yang bermacam-macam. Tinggal kita kembangkan seberapa besarnya tergantung halaman,” jelas Sudibyo.
Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk memulai bertanama hidroponik? Sederhana, kok. Siapkan saja pralon, wadah kemasan air, gentong air dari tanah, corong air, rak besi, pot tanaman, dan nutrisi. Gentong tanah diperlukan untuk mengalirkan air. Agar tak terjadi jentik nyamuk tambahkan abate atau ikan cupang.
Air yang digunakan sangat disarankan air tanah. “Kalau air PAM harus didiamkan dulu selama 24 jam. Selain sayuran, bisa juga menanam tomat, melon, timun, atau sawi. Semakin besar baknya, sayuran akan semakin senang. Media tanaman yang dipakai adalah arang sekam,” papar Sudibyo yang memasang harga bervariasi tergantung banyaknya tingkat dan bahan.
Cara kerja pengairan pasang surut adalah nutrisi dialirkan dengan pompa. Di ujung saluran dipasang corong untuk menampung nutrisi. Di atas permukaan dasar corong diletakkan sayuran yang ditanam dalam pot. Saat pompa dinyalakan, nutrisi memenuhi corong dan merendam pot. “Saat itulah tanaman mendapatkan nutrisi. Kurang lebih satu menit, pot terendam. Saat pompa mati, larutan pun turun. Lima menit kemudian terjadi lagi pengulangan,” jelas Sudibyo.
Dengan cara ini, hasil sayuran pun akan lebih sehat dan aman. “Bahkan lebih praktis.” Sudibyo menegaskan, cara bertanam dengan hidroponik memungkinkan kita untuk berkreasi. “Misalnya, sekarang ini saya sedang merancang gerobak bakso yang di atasnya bisa dipasang HK. Jadi, jika perlu sayuran tinggal mengambil dari atas. Sedangkan yang berbentuk akuarium, kotoran ikannya bisa untuk pupuk tanaman,” ujar Sudibyo. Benar-benar praktis, bukan?
Bebas Hama & Penyakit

  1. Prinsip dasar hidroponik adalah memberikan bahan makanan dalam larutan mineral atau nutrisi yang diperlukan tanaman dengan cara siram atau diteteskan.
  2. Melalui teknik ini dapat dipelihara lebih banyak tanaman dalam satuan ruang yang lebih sempit. Bahkan, tanpa media tanah dapat dipelihara sejumlah tanaman lebih produktif.
  3. Sistem hidroponik bebas pestisida sehingga tidak ada serangan hama dan penyakit.
  4. Aeroponik adalah modifikasi hidroponik terbaru. Tanaman diletakkan di atas styrofoam hingga akarnya menggantung.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Apakah dalam menggunakan metode hidroponik ini anda tidak mengalami kendala??

tunggu dulu! mengatakan...

Yups

Unknown mengatakan...

Salam Hidroponik tuan,
Berminat untuk menjadi ejen kami?

Untuk tempahan Set Hidroponik statik atau KAZZ HIDROPONIK CONCEPT, boleh hubungi/whatsapp saya ditalian 0173562205 atau layari Page FB kami di https://www.facebook.com/pages/Kazz-Hidroponik/241560725932086?ref=ts&fref=ts

Pelajari kaedah penanaman sayur PALING MUDAH DI DUNIA. Semuadah 3T : Tanam, TINGGALKAN 30HARI.!!! Tuai..!! tidak perlu penjagaan langsung!!! Tidak perlu PH Reader dan Thermometer. Kazz Hidroponik merupakan syarikat yang mempelopori dunia hidroponik sejak 25 tahun dahulu.

Video cara penanaman ini boleh ditonton di Youtube.com
Share, download dan copy dalam CD. Jadikan sebagai Alat Bantuan Mengajar..!!
https://www.youtube.com/watch?v=YLZ7kZErtu8

Untuk maklumat lanjut, sila layari website kami di
www.hidroponikmalaysia.com

Posting Komentar