Rabu, 14 Oktober 2009

Hidroponik vs Organik

Pasti banyak dari para pembudidaya yang berfikir jika kedua cara budidaya tersebut dibandingkan akan lebih baik yang mana. Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut maka kita perlu sedikit mengulas kedua cara budidaya tersebut.
Hidroponik merupakan cara pembudidayaan tanaman pada media yang tidak menyediakan unsur hara. Penyediaan unsur hara sepenuhnya dilakukan oleh manusia melalui pupuk. Pupuk yang diberikan mengandung unsur-unsur hara essensial yang dibutuhkan tanaman. Sedangkan Organik merupakan cara pembudidayaan tanaman tanpa menggunakan bahan kimia atau cara budidaya yang menggunakan bahan-bahan alami.
NO Pembanding Hidroponik Organik
1 Kesehatan Sehat, karena tanaman mendapatkan unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah yang pas Sehat, karena menggunakan bahan-bahan alami
2 Pencemaran Tidak, karena tidak ada bahan kimia yang terbuang Tidak, karena bahan yang digunakan ramah lingkungan
3 Pupuk Kimia, walaupun dari bahan kimia tetapi tetap sehat karena unsur hara yang diserap tanaman dalam bentuk ion dan dirubah menjadi karbohidrat oleh tanaman Alami, sehat karena dari bahan alam. Walaupun dari bahan alam namun unsur hara yang diserap tanaman dalam bentuk ion sama seperti pupuk kimia
4 Kandungan pupuk Tinggi dan lengkap, jumlahnya pas Rendah dan belum tentu lengkap, karena sifat dari bahan alam
5 Lokasi Tidak terbatas, bisa dimana saja Terbatas pada faktor tanah
6 Produktivitas Tinggi dari sejak awal tanam Pada awal tanam rendah namun akan terus meningkat
Diatas adalah beberapa perbandingan budidaya Hidroponik dengan budidaya Organik. Namun kedua cara budidaya tersebut pada hakikatnya adalah berbeda karena Organik merupakan budidaya pada tanah dan Hidroponik tanpa menggunakan tanah. Jadi tergantung kebutuhan dan tujuan budidaya anda untuk memilih cara budidaya yang ingin anda lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar