Selasa, 20 April 2010

MENJADI SEBAIK-BAIK PERHIASAN DUNIA? KENAPA TIDAK?!


"الدنيا متاع وخير متاعها المرأة الصالحة"
Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah




Siapa yang tak kenal emas, perak, permata,berlian,yaqut dan seabrek perhiasan lainnya yang menyilaukan mata manusia,membuat manusia buta bahkan menjadi sebab manusia itu gila karenanya ??Sungguh,ada satu perhiasan dunia yang tidak melenakan dan membutakan manusia akan tetapi mampu membuat dunia ini tentram dan damai karenanya,ia adalah perhiasan yang tak tertandingi kilaunya,tidak akan pudar pesona dan keindahan sosok pribadinya ditelan zaman,bahkan bertumpuk uang milyaran rupiahpun tak akan sanggup menukar keanggunan pesonanya.Aduhai…betapa mulia dan tinggi derajatnya.Siapakah dia????

Ketahuilah!! Perhiasan terindah itu adalah wanita sholehah. Dari mana dia tercipta? Maha Besar Allah yang telah menciptakannya dari tulang rusuk kaum Adam.Sebuah tulang yang bengkok akan tetapi jika dipelihara dan dijaga dengan benar maka ia akan menjadi sesuatu yang indah dan tidak ada yang mampu menandingi keindahannya di dunia ini.Dia adalah wanita yang mampu menjadi primadona dunia dan akhirat. Primadona ini bukanlah sosok yang tampil dengan segala kemewahan, keglamouran ataupun kehebatan tampilan lahiriyah saja,akan tetapi primadona yang tampil dengan kecantikan sejatinya. Banyak di dunia ini fenomena-fenomena yang mengaburkan, menyilaukan bahkan sampai membutakan mata kaum Adam.Mereka yang begitu terpesona dengan keayuan dzahir wanita sehingga mereka jatuh terjerembab ke dalam kubangan penyesalan.Dan sekarang,sudah saatnyalah wanita menyadari posisinya sebagai fitnah bagi kaum lelaki sehingga dunia ini bisa hancur karenanya.Sekarang saatnya wanita sadar untuk menampilkan keanggunannya dari dalam dan dari luar.Sehingga akan tampak dari dalam dirinya ayu yang sebenarnya,tidak menyilaukan mata tetapi menyejukkan bagi siapa saja yang memandangnya.

Mari Berkenalan Dengannya!!
Untuk mengenalinya lebih dalam,kita akan menguak karakter dan ciri kepribadian makhluk yang menjadi sebaik-baik perhiasan dunia ini;

Taat kepada Allah dan RasulNya
Dalam segala aktivitas hidupnya ia niatkan hanya untuk mendapatkan keridloan Allah semata.Apa yang diperintahkan ia jalankan dan apa yang dilarang ia jauhi.Tidak memilah-milih entah itu berat atau ringan untuk ia jalankan.Selalu konsisten di dalamnya walau cercaan,hinaan bahkan siksaan harus ia terima.Ia tetap sabar menjalani- nya.

Berdiam di rumah dan tidak bertabarruj
Sebagaimana Allah berfirman:
“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah terdahulu”.(Al Ahzab : 33)
Untuk lebih menjaga dirinya, seorang wanita muslimah hendaknya lebih banyak untuk berdiam diri di rumah dan tidak berhias dan bersolek untuk orang lain.

Menjaga anggota tubuhnya dari berbuat maksiat
Dialah wanita yang selalu menjaga matanya dari melihat hal-hal yang haram,menjaga lidahnya dari menggunjing,adu domba dan mencela orang lain,menjaga telinganya dari mendengarkan hal-hal yang kotor dan melalaikan,menjaga tangan dan kakinya dari menyakiti oranglain dan senantiasa menjaga hatinya agar selalu tunduk pada perintah Allah.

Taat kepada suami dan bertanggung jawab sebagai anak,isteri dan ibu
Sebagai anak yang sholihah,dia selalu berbakti kepada kedua orang tua dan tidak menyakitinya.Sebagai seorang isteri,dia mentaati suaminya yang selalu membuat suaminya senang dan tidak menuntut dengan sesuatu yang memberatkan- nya.Dan sebagai seorang ibu,dia berkasih sayang dan mendidik anak-anaknya sesuai dengan ajaran islam.

Menjaga amalan-amalan sunnah
Sesibuk apapun pekerjaan dan tugas nya,ia selalu menyempatkan diri untuk bertilawah,melaksanakan sholat sunah rawatib,sholat dluha,sholat tahajjud, bersedekah dan berpuasa sunnah.Serta amalan-amalan lain yang bisa mendatangkan pahala baginya.

Bersikap qonaah dan bersabar atas apa yang Allah takdirkan baginya
Dialah yang selalu menjaga diri dari mengeluh dan menuntut agar apa yang ia inginkan dapat terwujud.Dia selalu bersabar atas apa yang Allah takdirkan untuknya.Bersabar dan bersyukur apabila mendapat nikmat, bersabar dan tawakal apabila mendapat cobaan.

Mampu menjadi penerang bagi kaum wanita lainnya
Dialah seorang yang diteladani dalam segala hal.Sebagai seorang anak, isteri, ibu,tetangga dan da’iyah yang bisa dijadikan contoh untuk kaum wanita yang lain.Yang selalu berda’wah dengan lisan dan perbuatannya.Menyerukan kebenaran dan mencegah kepada kemungkaran.

Sebagaimana fitrah manusia yang selalu tertarik dan terpesona terhadap perhiasan dunia,yaitu perhiasan yang bisa menyesatkan mereka. Maukah Anda menjadi sebaik-baik perhiasan yang tidak menyesatkan akan tetapi malah lebih bisa menentramkan kehidupan manusia??? Wallahu a’lam.

0 komentar:

Posting Komentar